Kamis, 04 Maret 2010

Pemimpin yang baik

Kamis, 04 Maret 2010





Sebenarnya, siapakah pemimpin yang terbaik itu?

sebuah pertanyaan yang sering kali kita ajukan, baik pada diri sendiri atau orang lain.
pemimpin itu seharusnya bisa menanggung semua beban tanggung jawab yang ada. contoh paling sederhana adalah diri kita sendiri, jika kita sanggup mempertanggung jawabkan segala kesalahan yang kita lakukan, maka bisa dipastikan langkah menjadi pemimpin bisa kita miliki.

tapi, bagaimana dengan mereka yang memimpin sebuah rumah tangga, perusahaan, organisasi, partai maupun negara?

wah, sedikit berat nih, tapi secara sederhana aja deh, selama keputusan yang kita buat tidak merugikan orang lain dan tidak menguntungkan golongan maka kita bisa disebut sebagai pemimpin yang baik.

tapi sayangnya, masih banyak pemimpin yang ga mau tuh berkorban banyak, coba deh liat ada ga yang bisa mengikuti cara pemimpin terdahulu yang rela hidup dalam kemiskinan....? hampir semuanya di negeri ini, para pemimpin hidup dalam kemewahan.

kok bisa sih, ya bisa lah, kan mereka masih melihat betapa enaknya menjadi penguasa, hingga melupakan bahwa banyak mulut-mulut yang kelaparan. golongan dipertahankan, teman dekat yang jelas-jelas diketahuinya berbuat salah dibela, tidak mau mendengar apa itu kebenaran, selalu merasa yakin tindakannya benar dan selalu berlindung di balik kepentingan kelompoknya.

pemimpin yang baik itu, harus siap minta maaf jika dia merasa bahwa tidak bisa semuanya dilindungi olehnya, harus siap berkata "SAYA SALAH" dan terutama tuh, pemimpin dilarang keras berkeluh kesah pada semua bawahannya apalagi menangis kayak anak kecil. pemimpin memang manusia, dan yang paling tepat baginya untuk menangis dan berkeluh kesah di hadapan SANG PENCIPTANYA, ALLAH SWT. bukan pada mahluknya... kecuali jika dia mau bertanya tentang sebuah jalan keluar yang terbaik bagi semuanya, ALLAH dahulu baru petunjuk itu datang melalui mahluknya.

semoga bermanfaat dan menjadi renungan kita semua ya...

0 komentar: